Obat Demam Berdarah Untuk Anak

Kejadian yang berlansung setiap tahun. Itulah potret buruk demam berdarah dengue di Indonesia. Kasusnya bukan menyusut justru semakin meningkat. Pemilihan obat yang salah menambah kusam gambaran penyakit ini. Bagaimana cara mengatasinya ?

Parahnya lagi, Indonesia pada dikatakan tertinggal jika dibandingkan negara jiran seerti Malaysia dan Singapura. Hal ini terjadi karena masih lebih banyak masyarakat yang buta dalam upaya menangkal demam berdarah dengue (DBD). Tingkat kesiapan menghadapi penyakit ini pun tergolong rendah.  Karena itu, dibutuhkan kerjsama smua pihak tanpa terkecuali supaya angka kejadian DBD bisa ditekan.

demam-berdarah

Staf subgagian Penyakit Tropik Infeksi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI RSCM, Dr. Hindra Irawan atari, Sp.A (K),M. Trop. Paed mengungkapkan deman dengue ditandai munculnya demam mendadak 2-7 hari, nyeri kepala, nyeri belakang mata, nyeri otot atau sendi dan ruam kulit. Sementara gejala DBD di antaranya demam mendadak 2-7 hari, kebocoan pembuluh darah yang ditandai meningkatnya kadar hematrokrit, perdarahan, pembesaran hati dan jumlah trombosit menurun.

Masalahnya, banyak orang tua yang melakukan pengobatan sendiri dengan memberikan anak mereka obat penurun demam berdarah yang dijual bebas untuk meredakan demam tanpa mengetahui kandungan obat dan indikasi kontra dari obat tersebut. Dr. Hindra juga menyarankan orangtua agar berhati-hati dalam memberikan obat yang dijual bebas unutk meredakan demam-baik karena demam dengue, demam berdarah dengue ataupun demam biasa kepada anak-anak. Obat penurun demam, selain berkhasiat  juga harus aman atau tidak menimbulkan efek samping bagi penderita.

“penanganan demam pada anak saat wabah dengue harus ditandain dengan hati-hati, ndan harus segera dibawa ke dokter jika terjadi perburukan kondisi kesehatan anak. Pada kasus dengue, demam sebaiknya ditangani dengan obat antidemam yang aman dan kompres hangat. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan obat pilihan pertama untuk menurunkan demam pada degue adalah parasetamol. Hal ini harus diikuti dengan asupan cairan yang cukup,seperti oralit, larutan gula garam, jus buah, susu dan sayuran.

Obat antidemam golongan ibuprofen tidak dianjurkan diberikan kepada penderita demam dengue karena dapat menyebabkan jumlah trombosit turun dan merangsang lambung. Obat antidemam golongan asetosal (asam asetisalisilat) juga tidak dianjurkan lantaran diduga berhubungan dengan sindrom reye yang bisa mengakibatkan anak pingsan dan mengalami gangguan  fungsi hati, serta dapat menyebabkan perdarahan lambung. Penggunaan obat demam yang tidak sesuai justru akan memperburuk penyakit DBD yang di derita seseorang.


=====================================

>>> Obat Demam Berdarah Membantu Mengatasi Demam Berdarah, Meningkatkan Trombosit, dan Menguatkan Kekebalan Tubuh Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Demam Berdarah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>